/ INFORMASI

Mengejutkan, Inilah Kandungan Mineral Air Zam Zam Menurut Para Ahli

mata-air-zam-zam

Gambar: Mata air zam zam

Sudah sejak dulu air zam zam dipercaya memiliki kandungan mineral yang jauh lebih baik dibandingkan air mineral biasa. Dalam sejarah umat islam memang asal muasal air zam zam ini dituliskan dalam satu riwayat, bahwa mata air tersebut ditemukan pertama kali oleh Siti Hajar setelah berlari-lari  antara bukit Safa dengan bukit Marwah, guna mencari air minum. Saat itu Ismail, putera Siti Hajar, tengah mengalami kehausan di padang pasir, sedangkan persediaan air tidak ada.

Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, ternyata fenomena ajaib tentang air zam zam ini memicu para peneliti untuk melakukan studi ilmiah atas kandungan air zam zam.

Penelitian Dr Masaru Emoto (Jepang)

Kajian ilmiah mengenai air zam zam pernah dilakukan oleh seorang Profesor dari Universitas Yokohama, Jepang. Seorang Dokter bernama Masaru Emoto telah sukses melakukan penelitian yang dilakukannya mulai tahun 1994. Berdasarkan temuan Dr Emoto tersebut, air zam zam memiliki struktur molekul air yang sangat mengagumkan. Hasil dari riset ini dibukukan dengan judul “The True Power of Water”.

Keajaiban air zam zam ini salah satunya yaitu molekul air yang akan bereaksi positif jika dibacakan padanya kata-kata yang baik. Dan sebaliknya, jika diberikan kata-kata buruk, maka air juga akan bereaksi negatif sesuai sifat dan makna kata-kata tersebut.

Keunikan air zam zam diilustrasikan oleh Masaru Emoto sebagai sebuah kristal berstruktur heksagonal atau bahkan kristal pecah tak beraturan. Label baik atau buruk inilah yang pada akhirnya akan menentukan jenis kristal yang akan terbentuk nantinya. Semakin baik kata-kata yang dilontarkan kepada air tersebut, maka semakin indah dan sempurna bentuk heksagonal air.

Pemerintah Arab Saudi, melalui para ahli dan pakar laboratorium, pernah mengumumkan bahwa setiap satu liter zamzam mengandung mineral sebagai berikut:

  1. klorida (159,75 mg),
  2. sulfat (140 mg),
  3. bikarbonat (398,22 mg),
  4. kalium (182,2 mg),
  5. kalsium (158,58 mg), serta
  6. natrium (318 mg).

Sedangkan dalam satu liter air kemasan yang dijual di pasaran terkandung 30 mg klorida, 27 mg sulfat, 32 mg bikarbonat, 3 mg kalium, 20 mg kalsium, dan 20 mg natrium.

Dr Nour Al Zuhair dan Prof Rita Khounganian (Arab Saudi)

Bukti ilmiah mengenai air zam zam berikutnya dilakukan oleh Dr Nour Al Zuhair dan Prof Rita Khounganian dari King Saud University. Mereka berdua melakukan perbandingan kandungan mineral air Zam-zam dengan air keran yang sudah dikemas dalam botol.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa air Zam-zam adalah memiliki kandungan mineral khususnya fluoride yang lebih tinggi. Air Zam-zam yang diambil langsung dari sumbernya memiliki kadar fluoride 0,75 ppm sementara yang dialirkan melalui pipa sebanyak 0,68 ppm. Kadar ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata kandungan fluoride dalam air keran di Arab Saudi yang hanya sekitar 0,28 ppm.

Menurut WHO, sebagaimana dilansir oleh detik.com, tubuh manusia mampu menerima kandungan fluoride dalam air minum hingga kadar 1,5 ppm. Bagi manusia, kadar fluoride yang tinggi dalam air minum bisa memberikan manfaat khususnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kekurangan fluoride bisa menyebabkan gigi keropos atau dental caries yang jika dibiarkan terus memburuk bisa memicu infeksi pada gusi.

Keunggulan lain dari Air zam-zam dibanding air mineral lainnya adalah kandungan ion kalsium yang lebih tinggi, yakni 96 ppm baik yang diambil dari sumbernya maupun yang dialirkan melalui pipa. Sementara kadar ion kalsium dalam air keran di Arab Saudi rata-rata hanya 75,2 ppm.

Sudah banyak dokter dari berbagai negara yang menguji kandungan air zam zam, dan membuktikan bahwa air tersebut dapat memberikan daya tahan lebih baik untuk kesehatan bagi orang yang meminumnya. Beberapa dokter yang pernah melakukan percobaan terhadap pasiennya melihat adanya perubahan fisik yang semakin baik. Meski sepintas air zam zam tidak jauh beda dengan air kemasan yang banyak ditemui di pasaran, namun bila dilihat melalui mikroskop electron akan nampak perbedaannya secara nyata dari segi struktur molekul air.

Incoming search terms:

Tags: air sehat kandungan mineral zam zam

author
Author: 
Jangan takut untuk melangkah, karena jarak 1000 mil dimulai dengan langkah pertama. Lakukan yang terbaik, bersikaplah baik, maka kau akan menjadi orang yang terbaik. Dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain

Apa yang bisa kami bantu untuk Anda?

Konsultasi Kesehatan GRATIS

Silahkan isi form di bawah ini untuk memulai